Cara Memulai Affiliate Marketing, Ini Langkah-nya !

Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing ? Pada dasarnya affiliate marketing atau afiliasi adalah sebuah bentuk bisnis penjualan berbasis komisi. Jadi ketika Anda berhasil menjual maka Anda akan mendapatkan komisi yaitu berbentuk uang.

Untuk memulainya, Anda bisa mendaftar sebagai seorang Affiliate atau publisher dari sebuah pemilik produk (merchant) di amazon, clickbank, jvzoo, lazada, pegipegi.com atau sebuah affiliate network seperti Idaff.  Jika Anda ingin mendaftar sebagai affiliate marketer silahkan disini.

cara memulai affiliate marketing

Setelah itu merchant/affiliate network akan memberikan sebuah Link Afiliasi yang berisi link URL alamat website pemilik produk yang sudah mengandung suatu kode khusus ID Afiliasi. Ketika Anda mempromosikan link tersebut dan ada yang melakukan klik lalu melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi.  Begitu sederhananya pengertian dari apa itu affiliate marketing.

Bisa dikatakan affiliate marketing bisa dijadikan penghasilan pasif dan relatif mudah bagi pemula bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai penghasilan tetap dalam hidupnya.

Namun jangan berpikir bahwa affiliate marketing bisa dilakukan dengan sangat mudah begitu saja. Membangun bisnis affiliate marketing sama seperti membangun bisnis lainnya harus dengan ketekunan, displin, fokus dan harus punya komitmen yang tinggi. Tidak heran banyak pemain affiliate marketing pemula yang berhenti ditengah jalan karena tidak punya komitmen untuk menjalankannya.

Cara Memulai Affiliate Marketing, Ini Tahapannya

Beberapa langkah untuk cara memulai Affiliate Marketing:

  1. Daftar menjadi affiliate di salah satu merchant atau affiliate network yang telah disebutkan di atas
  2. Buat sebuah website afiliasi yang sederhana
  3. Sisipkan link afiliasi di web tersebut
  4. Datangkan pengunjung tertarget sebanyak-banyaknya

Untuk membuat website, Anda bisa memakai domain gratisan (seperti freenom, wordpress atau blogspot) ataupun domain berbayar (dari namecheap.com, name.com dan banyak lagi).

Setelah website dibuat, tulislah artikel atau ulasan mengenai produk affiliasi yang Anda ingin promosikan dan sisipkan link-link affiliasi ke dalam artikel tersebut.

Lalu datangkan pengunjung tertarget sebanyak-banyaknya, bisa dengan cara gratisan seperti SEO, facebook atau dengan cara berbayar menggunakan trafiic source seperti FB Ads, Google Adword, atau traffic source lainnya.

Jika terjadi penjualan dari website afiliasi Anda maka Anda akan mendapatkan komisi berupa uang. Lalu Anda bisa membuat website affiliasi untuk produk-produk lainnya sehingga suatu saat website-website affiliasi tersebut bisa menjadi passive income Anda.

Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan passive income dari  affiliate marketing ?