Lazada Affiliate Program, 4 Langkah Mudah Cari Uang di Internet

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet adalah dengan menjadi affiliate / publisher sebuah marketplace atau affiliate network seperti amazon, clickbank atau shareshale. Bagi Anda yang di Indonesia bisa mendaftar di marketplace luar negeri tersebut. Tapi jangan khawatir bagi Anda yang ingin bergabung dengan marketplace Indonesia, Anda bisa mengikuti lazada affiliate program atau mendaftar menjadi affiliate/publisher di Idaff (Indonesia Affiliate Network).  Saat ini akan dijelaskan review Lazada Affiliate Program yang bisa diikuti oleh siapa saja.

Pada dasarnya ketika Anda sudah terdaftar menjadi seorang affiliate maka Anda berhak mempromosikan produk-produk tertentu dan ketika terjual melalui referensi Anda maka Anda akan mendapatkan komisi berupa uang.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengikuti Lazada Affiliate Program adalah mendaftar sebagai affiliate di Lazada.co.id.  Pelajari terlebih dahulu, baca semua resource seperti cara kerja, komisi, pembayaran, media promosi serta syarat dan ketentuannya.

Lazada Affiliate Program Review

Berikut langkah-langkah untuk mempromosikan salah satu produk dari Lazada Affiliate Program :

  1. Pilih salah satu niche kategori produk yang akan dipromosikan dari lazada.co.id
  2. Buat website review tentang produk yang Anda pilih
  3. Pilih offers/produk, ambil link affiliate dari produk dan sisipkan pada artikel review yang sudah dibuat di website Anda
  4. Promosikan website melalui social media atau search engine lainnya

Dalam hal ini tidak ada tools yang rahasia, yang diperlukan adalah kerja keras, konsisten dan komitmen untuk menjalankan bisnis ini. Diperlukan ketekunan untuk menjadi seorang affiliate sehingga penghasilannya akan menjadi passive income Anda.

1. Pilih Niche Kategori Produk

Pilih satu jenis kategori produk yang ingin Anda promosikan. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilih produk :

  • Usahakan kategori produk yang di pilih adalah sesuai dengan hobi Anda. Misalkan jika hobi fotografi maka pilih kategori kamera, jika hobi musik maka pilih kategori elektronik, jika hobi olahraga maka pilih kategori olahraga.  Hal ini penting agar Anda tidak kesulitan ketika membuat artikel review dari kategori produk yang Anda pilih.
  • Pilih produk yang berharga di atas 1 juta rupiah, agar komisi-nya besar. Komisi di lazada.co.id berkisar 4-10{6533cf45018729aab9be31a65c40b2b42e8539cf2d36743e48084f3095a2d152} untuk satu produk tergantung dari kategori produk.
  • Pilih produk-produk yang populer dan memiliki review yang bagus dan menarik dari pembeli.
  • Pastikan juga produk yang Anda pilih bukan produk musiman sehingga bisa di promosikan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Kelebihan Mendulang Ribuan Dollar dengan Affiliate Amazon

2. Buat Website

Ini langkah terberat buat para pemula.  Untuk mahir membuat website Anda bisa belajar disini. Website ini harus memiliki konten yang bagus dan relevan dengan produk agar dikenal oleh search engine google dan agar mendapatkan banyak trafik atau kunjungan. Dengan banyaknya kunjungan maka semakin besar kemungkinan orang membeli produk melalui affiliate link Anda.

Bagi pemula bisa menggunakan blog gratisan seperti wordpress.com atau blogger.com, tetapi lebih baik jika Anda mempunyai domain dan hosting berbayar.

Untuk mempertahankan kualitas website, ada beberapa yang perlu Anda lakukan, diantaranya :

  • Selalu posting artikel terkait kategori produk secara bertahap dan konsisten, minimal 2 artikel per hari secara berkesinambungan
  • Jangan copy paste artikel, usahakan selalu posting artikel unik asli buatan sendiri.  Jika terpaksa copy paste artikel, Anda bisa menggunakan tools “Copas Jadi Unik” yang mampu membuat artikel yang sudah ada menjadi unik dan lolos plagiarism checker.
  • Lakukan optimasi SEO agar artikel yang dibuat memiliki rangking yang bagus di Google dan mempunyai jumlah pengunjung yang stabil. Jika ingin mahir SEO, Anda bisa pelajari disini.
  • Buat artikel lagi, tetapi dengan research keywords yang terkait produk
  • Promosikan link artikel di group-group yang relevan topiknya.
  • Buat akun social media seperti facebook fanpage, twitter, instagram untuk mempromosikan website Anda

Proses ini memakan waktu yang lama jika dilakukan dengan santai, tapi bagi yang sangat rajin mungkin bisa diselesaikan dalam waktu beberapa minggu saja.

3. Pilih Offers (Produk)

Setelah daftar dan disetujui oleh pihak Lazada, login ke dashboard. Di dalam dasboard banyak pilihan menu yang mungkin akan membuat pemula bingung.  Pelajari secara bertahap dan perlahan agar Anda lebih familiar dengan menu-menu di dashboard affiliate.

  • Pilih offers/produk untuk mendapatkan media promosi baik berupa iklan banner atau pun data-feed berupa CSV, search produk yang diinginkan, produk widget generator dan deeplink generator.
  • Paling mudah untuk pemula pilih saja banner-banner yang sudah disedikan pihak lazada kemudian pasang code script dengan cara copy paste di website.
  • Jika Anda ingin analisa lebih dalam, bisa download file csv data feed yang disediakan, olah di spreadsheet, kemudian buat artikel berdasarkan data-data itu.
  • Atau bisa juga search produk tertentu dan buat widget-nya dengan generator.
  • Banyak orang memakai cara yang terakhir yaitu deeplink generator yang akan generate shortlink unik dari link halaman produk lazada yang kita inputkan, ini lebih mudah juga untuk pemula.

Lakukan langkah di atas secara masif, sebanyak-banyaknya. Karena kita tidak pernah tahu, halaman dengan iklan yang mana yang efektif untuk website Kita. Lakukan semua cara untuk menjaring pengunjung secara maksimal dan meningkatkan kemungkinan konversi terjadi.

4. Promosikan Website dan Praktekkan Secara Konsisten

Promosikan halaman website Anda dengan berbagai media baik melalui social media, group, forum atau pun dengan search engine. Lakukan secara terus menerus.

Banyak orang berpenghasilan sampai mencapai  4 digit dolar/bulan bahkan lebih, itu artinya di atas $1000 hanya dari Lazada. Padahal kalau website sudah menghasilkan, itu sehari-harinya websitenya tidak perlu di apa-apakan lagi alias passive karena pengunjung sudah stabil.

Apakah Anda tertarik untuk bergabung menjadi affiliate lazada?